- Rumah
- Courses
- Kesetaraan Paket B
- Bahasa Indonesia Untuk Kelas 7 SMP
Kurikulum
- Bagian 5
- 32 Pelajaran
- 10 Minggu
Perluas semua bagianCiutkan semua bagian
- 1: Pengantar dan Keterampilan Dasar BerbahasaBagian ini merupakan fondasi pembelajaran Bahasa Indonesia untuk kelas 7, yang bertujuan membekali siswa dengan pemahaman awal tentang struktur bahasa, jenis teks, dan keterampilan berbahasa dasar. Siswa akan memulai dengan mengenal tujuan kursus, kemudian secara bertahap belajar membaca teks narasi, menyimak informasi, menulis kalimat dan paragraf yang koheren, serta mengenal unsur-unsur kebahasaan seperti kata kerja, kata benda, dan majas sederhana. Bagian ini juga memperkenalkan tata bahasa yang benar, penggunaan ejaan, serta pengenalan puisi dan teks prosedur, sehingga siswa siap untuk memasuki materi yang lebih kompleks di bagian selanjutnya.11
- 1.1Pelajaran 1: Pengenalan Kursus dan Tujuan Pembelajaran30 Menit
- 1.2Pelajaran 2: Mengenal Kompetensi Dasar Bahasa Indonesia Kelas 730 Menit
- 1.3Pelajaran 3: Membaca Teks Narasi Sederhana40 Menit
- 1.4Pelajaran 4: Menyimak dan Menjawab Pertanyaan tentang Teks Pendek30 Menit
- 1.5Pelajaran 5: Menulis Kalimat Lengkap dengan Struktur yang Benar
- 1.6Pelajaran 6: Menggunakan Kata Kerja, Kata Benda, dan Kata Sifat Secara Tepat
- 1.7Pelajaran 7: Menulis Paragraf dengan Ide Utama yang Jelas
- 1.8Pelajaran 8: Menyusun Kalimat dengan Tata Bahasa yang Baik
- 1.9Pelajaran 9: Majas dalam Sastra Anak
- 1.10Pelajaran 10: Membaca dan Menganalisis Puisi Sederhana
- 1.11Pertanyaan50 Menit12 Pertanyaan
- 2: Teks Eksposisi dan ArgumentasiBagian ini bertujuan membekali siswa dengan kemampuan untuk memahami dan menghasilkan teks yang bersifat informatif dan persuasif. Siswa akan mempelajari ciri-ciri, struktur, dan kebahasaan dari teks eksposisi, yaitu teks yang menyajikan informasi secara objektif untuk menjelaskan suatu topik, seperti isu lingkungan, kesehatan, atau teknologi. Selain itu, siswa juga akan mempelajari teks argumentasi, yaitu teks yang bertujuan memengaruhi pembaca melalui penyajian argumen, fakta, dan alasan yang logis. Melalui berbagai contoh teks, latihan analisis, dan tugas menulis, siswa dilatih untuk membedakan fakta dan opini, mengidentifikasi argumen utama, serta menyusun teks pendek yang mampu menyampaikan pendapat secara terstruktur dan berdasarkan data. Kegiatan pembelajaran dalam bagian ini dirancang untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis, literasi membaca, dan ekspresi tulisan yang logis dan bertanggung jawab, sesuai dengan tuntutan literasi abad ke-21.7
- 2.1Pelajaran 15: Memahami Ciri-Ciri Teks Eksposisi
- 2.2Pelajaran 16: Menganalisis Teks Eksposisi tentang Isu Lingkungan
- 2.3Pelajaran 17: Menulis Teks Eksposisi Singkat
- 2.4Pelajaran 18: Mengenal Argumen dan Fakta dalam Teks
- 2.5Pelajaran 19: Membaca Teks Argumentasi tentang Gaya Hidup Digital
- 2.6Pelajaran 20: Menulis Teks Argumentasi dengan Alasan yang Logis
- 2.7Pertanyaan20 Menit11 Pertanyaan
- 3: Sastra dan Apresiasi BudayaBagian ini dirancang untuk memperkenalkan siswa pada dunia sastra sebagai bentuk ekspresi budaya, imajinasi, dan nilai-nilai luhur bangsa. Melalui pembelajaran yang kontekstual dan interaktif, siswa akan mengembangkan kemampuan apresiasi sastra, yaitu kemampuan untuk memahami, menikmati, dan memberi tanggapan terhadap karya sastra secara kritis dan estetis. Fokus utama bagian ini adalah pada karya sastra tradisional dan modern yang sesuai dengan usia dan tingkat perkembangan kognitif siswa kelas 7. Siswa akan mempelajari cerita rakyat, legenda, puisi, dan drama pendek sebagai bentuk karya sastra yang kaya makna, nilai moral, dan kearifan lokal. Pembelajaran tidak hanya menekankan pada aspek pemahaman isi, tetapi juga pada pengenalan struktur, unsur intrinsik (tema, tokoh, alur, latar), serta gaya bahasa yang digunakan. Melalui analisis cerita rakyat dari berbagai daerah di Indonesia, siswa diajak untuk menghargai keragaman budaya dan memahami bahwa sastra merupakan cerminan identitas bangsa. Selain itu, siswa juga dilatih untuk mengekspresikan diri secara kreatif melalui penulisan karya sastra sederhana, seperti menulis ulang cerita rakyat dengan versi sendiri atau membuat naskah drama pendek berdasarkan tema yang relevan dengan kehidupan sehari-hari. Pembelajaran dalam bagian ini mengintegrasikan empat keterampilan berbahasa: Membaca: Menganalisis teks sastra pendek. Menulis: Membuat karya sastra sederhana. Berbicara: Mendiskusikan makna dan nilai dalam cerita. Menyimak: Mendengarkan pembacaan puisi atau dialog drama. Dengan pendekatan yang menyenangkan dan partisipatif, bagian ini bertujuan membentuk sikap menghargai budaya, rasa ingin tahu, dan kreativitas siswa, serta menumbuhkan minat membaca dan menulis sebagai bagian dari literasi budaya.7
- 3.1Pelajaran 21: Mengenal Cerita Rakyat dan Legenda Lokal
- 3.2Pelajaran 22: Menganalisis Makna Moral dalam Cerita Rakyat
- 3.3Pelajaran 23: Menulis Cerita Rakyat dengan Tema Baru
- 3.4Pelajaran 24: Mengenal Drama dan Dialog dalam Cerita
- 3.5Pelajaran 25: Membaca dan Memainkan Dialog Sederhana
- 3.6Pelajaran 26: Menulis Naskah Drama Singkat
- 3.7Pertanyaan40 Menit11 Pertanyaan
- 4: Literasi Digital dan Penulisan IlmiahBagian ini dirancang untuk membekali siswa dengan kemampuan literasi digital dan keterampilan menulis secara ilmiah dan akademik dalam konteks pembelajaran Bahasa Indonesia. Di era digital saat ini, penting bagi siswa tidak hanya mampu membaca dan menulis, tetapi juga mengakses, menilai, dan memanfaatkan informasi dari sumber digital secara kritis dan bertanggung jawab. Selain itu, siswa perlu dilatih untuk menyusun tulisan yang terstruktur, objektif, dan berbasis data — yaitu dasar dari penulisan ilmiah.6
- 4.1Pelajaran 27: Membaca Teks Informasi dari Internet
- 4.2Pelajaran 28: Mengevaluasi Keabsahan Informasi Online
- 4.3Pelajaran 29: Menulis Laporan Hasil Observasi Sederhana
- 4.4Pelajaran 30: Menggunakan Kata-Kata Teknis dalam Tulisan Ilmiah
- 4.5Pelajaran 31: Menyusun Daftar Pustaka dan Referensi
- 4.6Pertanyaan30 Menit15 Pertanyaan
- 5. Evaluasi dan Proyek AkhirBagian ini merupakan tahap penutup dari keseluruhan kursus Bahasa Indonesia untuk Kelas 7 SMP, yang berfokus pada penilaian kompetensi, refleksi pembelajaran, dan penerapan keterampilan secara utuh melalui proyek akhir. Tujuan utama dari bagian ini adalah untuk mengukur sejauh mana siswa telah mencapai tujuan pembelajaran yang ditetapkan, sekaligus memberikan kesempatan bagi mereka untuk menunjukkan kemampuan berbahasa secara integratif: membaca, menulis, berbicara, dan menyimak.6
- 5.1Pelajaran 32: Latihan Soal Ujian Semester (1)
- 5.2Pelajaran 33: Evaluasi Formatif: Kuis Online dan Tugas Menulis
- 5.3Pelajaran 34: Proyek Akhir: Membuat Buku Mini Cerita Pendek
- 5.4Pelajaran 35: Presentasi dan Umpan Balik dari Tutor
- 5.5Pelajaran 36: Refleksi Belajar dan Penilaian Diri
- 5.6Pertanyaan50 Menit10 Pertanyaan
Pelajaran 32: Latihan Soal Ujian Semester (1)
Sebelumnya
Pelajaran 34: Proyek Akhir: Membuat Buku Mini Cerita Pendek
Selanjutnya
